Medan Membaca diskusi kepustakaan dengan Perpustakaan Kota Medan

Tanggal 22 Maret 2014, tepatnya di Perpustakaan Kota Medan yang berlokasi di jalan Iskandar Muda, Medan Membaca berdiskusi dengan Perpustakaan Kota Medan. Diskusi ini adalah pertama kali diadakan guna untuk memajukan minat baca warga kota Medan dan khususnya menambah referensi para anggota komunitas medan membaca pastinya. Awalnya, semua masih berpikiran kalau Perpustakaan Kota Medan akan begitu kaku, koleksi yang kurang menarik dan pustakawan yang kurang ramah, tidak boleh pakai sendal dan lain-lainnya. Namun setelah mengajak anggota medan membaca ke lokasi, semua persepsi awal sedikit berubah, kondisinya cukup rapi, fasilitas komputer dan wifi, aturan pakaian tidak menjadi masalah, orangnya ramah dan semua berniat untuk menjadi anggota karna ngiler lihat koleksinya.

Menurut Miftahul Jannah sebagai Humas di perpustakaan kota Medan, pihaknya memang sedang gencar-gencarnya berusaha memajukan perpustakaan kota Medan. Masih ada yang belum tahu keberadaan perpustakaan ini sehingga pengunjung pun masih terbilang kecil. Oleh karena itu Mifta merangkul berbagai komunitas terkait literasi untuk berkumpul dan mengadakan acara di aula serbaguna perpustakaan Medan ini, termasuk komunitas medan membaca. Fakta lainnya yang perlu diketahui adalah, sabtu dan minggu perpustakaan kota Medan tetap buka hingga jam 5 sore, sementara hari biasa sampai jam 7 malam.

Untuk menjadi anggota perpustakaan kota medan, Anda hanya cukup membawa KTP (kota Medan) dan pas foto berwarna. Prosesnya cukup cepat, pada hari yang sama kartu siap pakai. Memang ada semacam diskriminasi untuk masih bagi pengguna KTP Medan, namun berikutnya perpustakaan kota Medan akan bekerjasama dengan universitas untuk bisa mahasiswa dari manapun bisa menggunakan fasilitas perpustakaan ini, tidak terkecuali kerjasama dengan komuitas membaca.

Lanjut Mifta, perpustakaannya sudah bisa di akses lewat web, baik profil dan semua koleksinya online, bahkan ada e-boook gratis yang bisa di download dengan gratis secara legal, karena pihak perpustakaan membayar per tahun untuk fasilitas ini. Sejauh ini e-book yang bisa di download adalah e-book untuk bahan pelajaran.

Selain berdiskusi tentang kepustakaan, komunitas medan membaca saling berkenalan dan membahas buku favoritnya dan juga membahas untuk acara agenda kopdar selanjutnya.


#salam buku #salam medan membaca !!!

No comments:

Powered by Blogger.