Kematian Sebuah Bangsa


Nama penulis : Kahlil gibran
Tahun terbit : 2015
Penerbit : narasi
Jumlah halaman : 178
No ISBN : 9789791684163
Pengulas buku : @.


Bercerita tentang cinta dan kebobrokan penguasa, buku kematian sebuah bangsa ini penuh dengan kalimat yang menawan milik kahlil gibran yang dibagi dalam beberapa essai.

Bab pertama buku ini bercerita tentang yusif el fakhri seorang filsuf yang menarik diri dari kehidupan masyarakat dan memilih tinggal dipertapaan asing. Bukan untuk beribadah kepada tuhan melainkan kekecewaan terhadap manusia yang penuh ketamakan

"Aku bisa beribadah kepada tuhan sementara tinggal diantara makhluk makhluknyaa, karena beribadah itu tidak perluh menyendiri.aku tidak meninggalkan manusia untuk melihat tuhan,karena aku senantiasa melihat tuhan di rumah.aku meninggalkan manusia karena sifat sifat meraka berbeda dengan sifatku.dan impian impian mereka tidak sesuai dengan impian impianku.

Saya sedikit tertarik pada bab 2 essai yang ada dalam buku ini yang bertajud pada perbudakan dimana tokoh yang berperan sebagai aku yang tengah lelah melihat perbudakan disetiap perjalanan pengembaraannya hingga tiba pada titik ia jemu dan memilih berjalan sendirian dilembah bayangan kehidupan.

Yang lebih menarik pada essai yang bertajud pada jhon sigila.di tengah masyarakat yang menjunjung tinggi petinggi agama, namun agama gak lagi menjadi pembela orang miskin, namun pendeta pendeta itu memutar balikan ajaran kristus untuk hidup mewah dan memeras orang miskin atas nama agama.

No comments:

Powered by Blogger.