Cendikiawan & Religiusitas Masyarakat


Judul : Cendikiawan & Religiusitas Masyarakat
Penulis : Nurcholis Madjid
Pengulas: Abdul Robi Wardana 

Masyarakat itu sendiri di bedakan atas tiga kelompok, yaitu Tinggi (khawas, orang khusus), Menengah dan golongan yang lebih Bawah (awamm, orang umum), jadi metode yang cocok untuk tiap-tiap kelompokpun berbeda-beda, misalnya saja kebabyakan orang (awam) itu sulut untuk memahami atau memaknai kehidupan, maka disini diperlukan orang spesialis (orang khusus) untuk membetikan kejelasan menggunakan metode retorik, sedangkan ke orang Tengah menggunakan metode dialektis, jadi untuk menentukan relegiusitas masyarakat ialah orang cendikiawan (ulama), di dalam buku ini poin inti atau budi pekerti yang di dampaikan untuk menetukan religiusitas masyarakat di bagi atas 4, yaitu :

1. Dasar keimanan, yaitu keimanan kepada ALLAH, hari kemudian, para malaikat, kitab suci dan para nabi, ini semua nengandung kejelasan makna hudup dan ajaran suci yang universal.

2. Dasar bakti sosial, dengan mebdermakan sebagai dari hartanya untuk menolong keluarga dekat, anak yatim, kaum miskin, orang tetlantar dalam perjalanan, pengemis, dan menghapuskan perbudakan

3. Dasar ritual dan pribadatan, untuk menjaga dan meneguhkan komitmen batin, khususnya dengan sungguh-sungguh mengerjakan atau menrgakkan sembayang dan dengan ikhlas membayat zakat

4. Dasar kualutas kepribadian, yaitu teguh menepatu janji dan tabah dalam keadaan sulit apapun.

Meskipun kita tahu dalam buku ini Nurcholis Madjid atau yang akrap di sapa Cak Nur sendiri sebelum menjadikaan buku ini, ini adalah tulisan Cak Nur di kolom-kolom yang di muat pada Tabloid Tekad yang mengangkat tema tema, keagamaan dan sosial politik dengan dialog kemodrenan.

No comments:

Powered by Blogger.